Tren Web Development di tahun 2016

Posted by in Get Pedia .
Tren Web Development di tahun 2016

Dalam beberapa tahun belakangan, dunia web development telah berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Dengan munculnya berbagai maçam teknologi baru, bahasa pemograman baru, dan script yang muncul ke permukaan. Ditambah lagi sejak lahir dan diadopsinya HTML5, inovasi adalah sebuah kewajiban untuk para developer, seperti Adobe yang sukses dipaksa untuk meninggalkan Flash dan beralih ke HTML5. Jadi apa sajakah tren dan perubahan yang yang terlihat? dalam artikel ini kita akan coba lihat tren apakah yang sedang berlangsung dalam dunia web development di tahun 2016.

Ekspansi Responsive Design

Responsive design mengalami peningkatan kepopuleran sejak maraknya penggunaan mobile devices seperti tablet dan smartphone beberapa tahun belakangan ini. Bahkan sekarang ini sepertinya akan sangat sulit membayangkan sebuah website yang tidak responsive, kecuali mereka menyasar niche tersendiri yang tidak terakomodasi oleh responsive design.

Hal penggunaan responsive design sebagai akibat dari penggunaan perangkat mobile sepertinya akan dipaksa ber ekspansi lebih jauh, mengingat semakin banyak bermunculan produk berlabell “smart” lainnya yang pengoperasiannya sangat bergantung pada internet seperti smart TV, Apple watch dan produk sejenis berbasis android. Responsive design akan memasuki era baru yang berkembang tak hanya “mobile-friendly” tetapi akan menuju pada keterhubungan dengan perangkat smart yang harus diakomodasi pula oleh para web developer.

Dominasi JavaScript

JavaScript adalah bahasa web development yang diprediksi akan semakin menanjak penggunaannya di 2016. JS mungkin bukanlah "panasea" script yang akan digunakan untuk semua hal tetapi percayalah JS akan semakin berkembang dan memiliki lebih banyak kegunaan. seperti contohnya dengan REST API menjadi bagian dari Wordpress, maka hanya masalah waktu sebelum kita akan melihat interaksi yang lebih baik dari JavaScript dengan berbagai CMS di masa depan.

Tren Single Page Design

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Rebecca Gordon yang dimuat hugeinc.com menyatakan bahwa scrolling adalah lebih efektif dibanding klik karena perubahan pola dalam browsing website oleh pengguna. Seperti yang telah dibahas diatas bahwa penggunaan perangkat mobile telah merubah budaya web development yang kini mengedepankan aspek mobile sebagai acuan pertama dalam merancang bangun sebuah website. Dengan layar yang lebih kecil, pegguna perangkat mobile akan lebih suka scroll suatu halaman dalam mencari konten yang diinginkan dibanding dengan proses klik.

Tren single page yang memperoleh momentumnya beberapa tahun lalu kini semakin menemukan pasarnya. Desain yang sederhana menjadi salah satu faktor yang membuat pengguna terlihat menikmati informasi yang disajikan sekaligus dalam flow yang bertahap.

Penggunaan Flat/Material Design

Flat Design banyak sekali diadopsi oleh designer dan berbagai perusahaan besar seperti Apple. Flat/Material design memiliki keuntungan atas sokongan dari sebuah paradigma yang menyatakan bahwa flat design akan memaksa designer untuk lebih fokus terhadap konten ( sudah melihat sendiri bukan, apa yang diramalkan oleh Bill Gates tentang Content is The King?).

Material design dari google juga banyak dianut oleh designer dan developer di seluruh dunia yang berhasil membuat produk digital yang jelas dan terorganisir dan mudah dipakai oleh pengguna tanpa learning curve yang tajam.

Related Posts:

HTML Kustom Karakter

HTML Kustom Karakter, saat ini hampir tidak membutuhkan image untuk membangun sebuah website, seperti halnya ikonik karakter yang dapat digantikan dengan kode HTML

Bagaimana Sebenarnya Cara Search Engine Bekerja

Search Engine atau mesin pencari selalu bergerak tanpa henti menyusuri jejaring, melintasi jutaan halaman untuk mendapatkan data yang digunakan untuk disajikan di halaman pencarian dalam hitungan mili detik. Google adalah sebuah contoh dari sebuah mesin p

Bingung Mencari Icon Yang Cocok? Gunakan Saja Set Font Icon Menarik Ini

Sebenarnya masih ada banyak alternatif icon lain yang bisa kita manfaatkan dengan tujuan beragam, seperti misal bistro set icon yang mengkhususkan diri pada icon makanan. Apa saja font icon menarik ini? mari kita lihat lebih lanjut.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit