Tool Untuk Mempercepat Loading Website Anda

Posted by in Tips & Trick .
Tool Untuk Mempercepat Loading Website Anda

Faktor visual dalam sebuah website sebenarnya berlaku seperti pedang bermata dua, di satu sisi mengangkat sisi impresi yang bisa mengesankan pengunjung, dan di sisi lain semua bisa menjadi tidak berguna jika ternyata halaman website anda mengalami kelambatan proses loading. Dalam studi yang dilakukan oleh akamai menyatakan bahwa lebih dari separuh pengguna website memiliki ekspektasi bahwa sebuah website harus bisa di load secara penuh dalam waktu 2 detik.

Hasil penelitian dari Akamai tersebut setidaknya bisa memberi sebuah gambaran betapa kecepatan loading suatu website akan sangat berpengaruh pada banyaknya pengunjung anda. Mayoritas dari separuh pengakses internet akan serta merta meninggalkan website anda jika hingga 3 detik masih juga belum selesai proses loading. Bayangkan jika ini yang terjadi pada website toko online anda, bisa dipastikan omzet anda akan menurun karenanya. Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara untuk mempercepat loading website anda, sebaiknya kita coba bedah terlebih dahulu apa saja faktor penyebab lamanya proses loading dari sebuah website.

-Penggunaan script yang berlebihan

Kode iklan, Tracking Analysis, kode sharing media sosial, dan berbagai script pendukung lainnya adalah berbagai hal pendukung lambannya waktu loading.

-Kode HTML yang kurang efisien

Standar HTML modern telah menekankan kepada kepraktisan dan keringanan, jika situs anda dibangun dengan HTML4, mungkin anda akan merasa perbedaan loading time dengan yang berbasis HTML5.

-Server yang tidak terkonfigurasi menggunakan Gzip

Jika sever anda tidak dioptimasi untuk mengaplikasikan kompresi Gzip, maka Server akan mengirim resource website anda dengan ukuran yang lebih besar dibanding dengan melalui Gzip. Dan tentunya itu bukanlah kabar baik sehubungan dengan performa loading website anda.

-Gambar yang tidak teroptimasi untuk web.
Di sebuah halaman yang mengandung banyak gambar, seperti toko online yang pasti memuat banyak gambar dari produk. Bahkan dengan ukuran yang disusutkan 20% saja sudah memberikan dampak yang signifikan untuk kecepatan load website anda secara keseluruhan.

mempercepat loading website

Dengan memeperbaiki penyebab lambatnya loading website anda tersebut seperti diatas tentu sudah akan dapat membuat akses ke website anda menjadi lebih gegas. Jika dirasa masih kurang komprehensif, anda dapat mempergunakan berbagai free web page performance tool untuk mempercepat loading website seperti berikut:

Dengan mengikuti apa yang di rekomendasikan oleh berbagai free tool tersebut anda bisa menentukan di sisi mana resource website anda yang bisa di perbaiki untuk meningkatkan kecepatan loading website yang anda kelola. Hal ini adalah penting karena pada akhirnya, keputusan pengunjung untuk memilih membeli di toko online anda atau di toko kompetitor bisa saja ditentukan karena kecepatan loading.

Infografik Penelitian Akamai

Related Posts:

6 Tips Sukses Mendirikan Website Onlineshop

Keberhasilan berjualan di Online-Shop akan terasa sama seperti keberhasilan berbisnis pada umumnya. Membangun bisnis berbasis website yang efektif membutuhkan disiplin, tekad, ketekunan, dan rencana yang tepat.

Cara Menambahkan Tabel / Table Pada Website

Cara menambahkan tabel / table harga pada webste dengan mudah menggunakan text editor

Memilih Font Yang Tepat Untuk Website Anda : Sebuah Panduan Typography

beberapa pertimbangan untuk memilih font yang tepat untuk website anda, karena anda harus memastikan bahwa pemilihan font anda akan disukai oleh anda dan juga pengunjung anda.

1 Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit