10 Pertanyaan Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Menentukan Jasa Pembuatan Website Yang Tepat

Posted by in Tips & Trick .
10 Pertanyaan Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Menentukan Jasa Pembuatan Website Yang Tepat

Jika anda adalah pemilik usaha dan ingin mengembangkan bisnis anda secara online, maka ada banyak pilihan web designer untuk anda percayakan dalam pembuatan toko online anda.  Diantara sekian banyak web designer dengan berbagai proposal yang ditawarkan kepada anda, anda hanya akan memilih salah satu yang paling tepat bagi anda.

Untuk menghindari adanya permasalahan di kemudian hari -yang pasti tidak anda harapkan-, anda bisa memberi sang web developer beberapa pertanyaan yang bisa anda gunakan untuk memilih jasa pembuatan website yang tepat untuk anda. Dengan adanya jawaban langsung atas pertanyaan yang anda ajukan, anda bisa membandingkan jawaban tersebut, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan toko online anda nantinya.

Pertanyaan ini wajib anda ajukan, karena kriteria dalam menentukan jasa pembuatan website yang terbaik akan menjadi sangat subjektif, sangat tergantung dengan perspektif dan selera sang pemngguna jasa pembuatan toko online tersebut.

Dan berikut ini adalah 10 pertanyaan yang bisa anda tanyakan pada web developer sebelum memutuskan untuk menentukan jasa pembuatan website yang Tepat:

Mintalah alamat website portfolio yang masih berjalan pada saat anda bertanya. Jangan tergoda dengan Mockup atau Screenshots, karena dengan mengunjungi situs dalam daftar secara langsung, akan membuat kita bisa meihat seberapa besar perhatian sang developer terhadap detail.

Cari tahu bagaimana cara sang web developer menentukan harga dari jasa mereka. Apakah mereka menerapkan harga fixed, atau per-halaman, atau bahkan per-jam untuk freelance.

Penetapan batas pengeditan dan revisi adalah salah satu hal krusial. Terkadang masih rancunya kata revisi disini adalah sehubungan dengan alur kerja dari proyek pembuatan website atau toko online tersebut. Apakah revisi tersebut terdapat di setiap tahap pengerjaan, seperti saat design dan pengembangan. Atau anda hanya di ijinkan meminta revisi pada hasil akhir proyek, serta berapa kali anda mendapat jatah revisi.

Ada banyak web developer yang menerapkan term pembayaran dengan cara meminta down payment pada awal pengerjaan, dan meminta pelunasan saat mencapai tahap tertentu pengerjaan. Atau ada pula yang meminta pelunasan di muka setelah terjadi persetujuan penggarapan proyek.

Tanyalah pada sang developer, seberapa jauh anda bisa mengedit hasil website, baik dari sisi konten maupun tampilan keseluruhan. Seberapa sulit untuk melakukan pengeditan, dan adakah dokumentasi yang di sediakan untuk mempermudah anda memahami website tersebut.

Tanyakanlah apakah akan ada maintenance dari sang developer. Apa akan ada follow up jika terjadi sesuatu pada website anda, seperti kegagalan load atau situs tersebut berhenti bekerja secara mendadak. 

Jika sang web designer menggunakan template, tanyakanlah tentang masalah lisensi, terutama jika template tersebut didapat dari marketplace. Serta diversifikasi apa yang didapat dari masing masing pengguna template.

Memang setiap project akan berbeda, tetapi biasanya memiliki pola waktu penyelesaian yang sama. Selain jangka waktu, tanyakan juga bagaimana kesepakatan jika project selesai lebih cepat atau bahkan melebihi tenggat. Berkaitan dengan hal revisi, tanyakan pula berapa lama waktu yang diberikan untuk anda mengevaluasi dan memberikan feedback atau revisi.

Klarifikasikan didepan tanggung jawab dari masing masing klien dan web developer. Dengan adanya requirement dan ekspektasi yang jelas akan meningkatkan akuntabilitas dari masing masing pihak dalam project.

Meski tujuan utama anda adalah untuk membuat website, tanyakanlah juga apakah sang web designer memiliki jasa lain yang mungkin bisa ditawarkan untuk anda. Seperti pembuatan email template, konten sosial media atau bahkan juga jasa admin.

Tags: tips n trik,

Related Posts:

Menentukan Developer Yang Tepat Untuk Pembuatan Toko Online Anda

Sebuah perusahaan atau perorangan yang inging memulai bisnis online dengan membuka online store setidaknya harus memperhatikan beberapa tips berikut untuk menentukan developer yang tepat untuk membangun online store anda.

Yang Harus Anda Lihat Dari Portfolio Web Developer

Ada baiknya anda melihat beberapa hal berikut dalam portfolio developer untuk memudahkan anda untuk mencari developer manakah yang akan anda gunakan jasanya.

Tren Online Shop 2016 : Sebuah Referensi Pembuatan Toko Online Profesional

berbagai tren terpanas yang sedang mendominasi dunia e-commerce di 2016 ini untuk anda jadikan inspirasi pembuatan toko online yang terlihat profesional.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit