Jadikan Customer Support Menjadi Kekuatan Toko Online Anda

Posted by in Tips & Trick .
Jadikan Customer Support Menjadi Kekuatan Toko Online Anda

Sudah merupakan hal yang lumrah jika kita sebagai pemilik toko online merasa senang dengan ada banyaknya pengunjung dan pelanggan yang bertanya tanya kepada anda, tentunya dengan logika bahwa banyak pertanyaan=banyak penjualan. Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa pelayanan adalah salah satu titik tolak standar yang dihargai tinggi oleh (calon) pelanggan. Hal ini tentunya menjadi sebuah kebimbangan mengingat betapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menjawab pertanyaan yang itu itu saja sehingga merongrong produktivitas toko online anda, terlebih jika anda menjalankan bisnis anda secara one man show. 

Tetapi dengan beberapa trik sederhana anda bisa merubah kecemasan anda tentang customer support menjadi sebuah kekuatan dari toko online anda jika dilakukan dengan baik. waktu anda tidak akan terbuang secara percuma, dan sebaliknya cutomer anda pun akan merasa senang dengan apa yang pelayanan yang ditawarkan oleh toko online anda. Apa sajak yang bisa menjadikan customer support menjadi kekuatan toko online anda? simak berbagai tips berikut.

Beri Ekspektasi Yang Jelas

layanan online shop terbaik

Tak ada orang yang senang jika merasa tak dihiraukan, terutama para pelanggan. Jika mereka mengirimkan email berisi pertanyaan dan kebetulan anda sedang sangat sibuk dan tidak bisa mengirimkan balasan dengan cepat, tak jarang akan memiliki akibat yang cukup mencengangkan. Hal yang bisa terjadi adalah munculnya review di forum forum maupun di kolom surat pembaca yang bercerita betapa kurang perhatiannya toko online anda terhadap customer.

Langkah terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan memberi mereka ekspektasi jelas akan kepastian dibalasnya pertanyaan maupun keluhan mereka. Jika mereka tahu kapan mereka akan mendapat jawaban maka biasanya mereka akan lebih tenang. Semisal jika anda tidak bisa membalas pada hari kerja yang sama, maka beritahu bahwa email yang masuk bisa dibalas dalam waktu 48 jam. Hal tersebut akan membuat anda terlihat lebih efisien jika ternyata anda mampu membalasnya sebelum tenggat waktu yang diberitahukan.

Jangan Menyembunyikan Informasi

kejujuran online shop

Kepercayaan dari konsumen juga membutuhkan kejujuran dari seller. Hal ini terutama diterapkan pada reseller dropship yang terkadang menutupi produksi manakan barang yang mereka jual. Cantumkan informasi tentang apa yang calon customer biasanya ingin ketahui dengan jelas, jika memang produk yang anda buat adalah made in China, maka Cantumkanlah juga.

Cantumkan laman FAQ

FAQ online shop

Konsumen biasanya menghindari proses terlalu panjang untuk mencari tahu jawaban tentang apa yang mereka ingin ketahui tentang produk ini. Mereka lebih suka untuk mencari tahu sendiri jawabannya, sehingga pembuatan halaman FAQ yang informatif adalah langkah bagus untuk website anda dan juga customer.

Masukkan Layanan Tracking Order

tracking order online shop

Tracking order adalah hal yang paling bisa membuat telinga dan jari anda panas atas pertanyaan dari customer yang datang bertubi tubi menanyakan kemajuan order mereka. Akan sangat baik jika anda berinvestasi memasukkan layanan tracking order dalam laman anda agar cutomer dapat mencari tahu sendiri sudah sampai manakah kemajuan yang telah dibuat oleh order mereka.

Beri Ruang Interaksi Antar Customer

customer online shop

Terkadang ada beberapa jenis customer yang sangat aktif, dan anda bisa memanfaatkan mereka dalam membangun sebuah jaringan customer service yang kuat atas produk anda. Ketika anda telah memberikan jawaban atas suatu permasalahan, terkadang jawabannya kemudian lenyap tak berbekas ketika anda membutuhkannya untuk di aplikasikan kepada customer yang lain. Disinilah peran interaksi antar customer menjadi sangat penting dan sangat membantu anda. anda bisa membuat forum komunitas atau yang termudah adalah membuat grup di Facebook untuk pelanggan anda. Dimana mereka bisa berdiskusi tentang permasalahan apa yang mungkin ditemukan dalam layanan dan produk anda serta bagaimana cara mengatasinya.

Related Posts:

Mengapa Butuh Web Toko Online yang Baik?

Mengapa Butuh Web Toko Online yang Baik? Karena web toko online yang baik adalah aset

3 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Online Store Anda

Dalam mencapai user experience tersebut, maka setidaknya anda dapat menerapkan 3 cara mudah meningkatkan penjualan online store anda seperti berikut.

Menentukan Developer Yang Tepat Untuk Pembuatan Toko Online Anda

Sebuah perusahaan atau perorangan yang inging memulai bisnis online dengan membuka online store setidaknya harus memperhatikan beberapa tips berikut untuk menentukan developer yang tepat untuk membangun online store anda.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit