ICANN

Posted by in Get Pedia .
ICANN

ICANN adalah singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998 [1]. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA). ICANN adalah sebuah organisasi yang mengatur kebijakan tentang penamaan domain dan pengorganisasian semua DNS server di internet. Lembaga ini dibentuk sejak tahun 1998.  Sebelumnya pengaturan domain dan IP address ini di atur oleh Internic.  Baru, setelah tahun 1998 diatur oleh ICANN.


Beberapa organisasi lain, yang konsen terhadap perkembangan internet adalah: ISOC  (Internet Society), berdiri sejak tahun 1992, sebuah organisasi yang bergerak dalam standarisasi, edukasi dan kebijakan; IANA (Internet Assigned Numbers Authority), merupakan bagian dari ICANN tetapi lebih mengurusi pada hal-hal teknis; W3C (World Wide Web Consortium), sebuah organisasi yang mengurusi file yang dipublikasikan di internet, seperti standarisasi bahasa pemrograman internet.

Kalau ICANN adalah pengatur penamaan domain, lalu apakah untuk mendaftar domain harus ke lembaga tersebut? Tidak, ICANN tidak menerima layanan seperti itu, melainkan melalui registrar.  Selama ini, saya mendaftarkan domain adalah melalui Goddady yang berpusat di Amerika Serikat. Ketika itu masih belum ada perusahan di Indonesia yang mengurusi hal tersebut.  Tetapi saat ini Indonesia pun sudah memiliki ragistrarnya yaitu melalui PT Ardh Global Indonesia.  Untuk melihat lengkap daftar registrar selanjutnya bisa dilihat di tautan berikut ini: ICANN Accredited Registrars.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit