5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Memulai Online Store

Posted by in Tips & Trick .
5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Memulai Online Store

Kemajuan teknologi yang sangat pesat telah banyak merubah tatanan hidup dalam bermasyarakat. Mulai dari cara berkomunikasi yang kini bisa dibilang telah mengurangi kebutuhan untuk berinteraksi dalam satu ruang yang sama, hingga cara berdagang dan memasarkan sesuatu yang kini lebih banyak dilakukan secara digital. Khusus untuk cara yang terakhir merupakan sebuah contoh pemanfaatan teknologi yang mampu memaksimalkan profit dari si pedagang, hal ini adalah antara lain dikarenakan tidak dibutuhkannya penyediaan ruang display, juga kemampuan publikasi yang lebih luas dan murah tentunya.

Hal yang disebut diatas telah membuat banyak pelaku perdagangan yang beralih ke format digital dalam dunia e commerce dengan mendirikan online store. Jika anda salah satu orang yang ingin memulai bisnis secara online, maka berikut adalah 5 hal yang harus anda lakukan ketika memulai online shop atau online store sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang 6 tips sukses mendirikan website onlineshop.

Tentukan platform online store anda

 

Di masa sekarang ini anda sudah tidak perlu terlalu pusing memikirkan bagaimana caranya membuat online store, anda bisa memanfaatkan penyedia jasa layanan pembuatan online store sesuai kebutuhan anda.

Jika anda membutuhkan desain yang unik dengan kustomasi yang akan membuat toko online anda terlihat stand out dibanding yang lain, maka anda bisa menggunakan jasa web developer yang sesuai dengan selera anda. Tetapi anda juga bisa bebas memilih layanan dari berbagai vendor e-commerce  seperti goodsieshopify yang mengenakan biaya sebesar $29/bulan per 100 produk untuk pengguna jasa layanannya.

Dan pilihan lain untuk anda yang membutuhkan platform open source bisa menggunakan opencart. Meski demikian, dari dua pilihan terakhir jika anda menginginkan kustomasi lebih lanjut anda harus mengeluarkan uang untuk membeli tema yang menarik untuk online shop anda.

Fasilitas pembayaran yang lengkap dan mudah

Fasilitas pembayaran yang mudah dan lengkap tentu akan membuat pengunjung merasa nyaman akan ketersediaan media transaksi sesuai yang mereka sukai, mulai dari Paypal hingga kartu kredit.dan akan lebih baik lagi jika anda menyajikannya menu check out yang lengkap beserta ongkos kirim sesuai dengan jasa ekspedisi yang anda pergunakan dan telah disepakati oleh customer.

Persiapkan layanan Customer Service yang prima

Layanan pre-sales dan aftersales yang prima adalah sebuah nilai tambah bagi para pelanggan anda, apapun bisnis yang anda jalankan. Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah fasilitas live chat untuk tanya jawab dan tiket untuk komplain dengan feedback yang sesegera mungkin.

Jadilah unik

Para online shopper adalah tidak dapat melihat, menyentuh, merasakan atau mencium produk anda. Jadi hal terbaik yang anda lakukan untuk meyakinkan calon customer adalah dengan menyajikan foto dan gambar yang unik.

Kecuali anda merupakan produsen dari produk yang anda jual, maka kemungkinan besar anda akan mendisplay citra rilisan resmi dari produk tersebut. Dimana hal tersebut berarti anda akan tampil serupa dengan online shop lain yang memiliki produk yang sama, dengan deskripsi produk yang sama yang bersumber dari pabrikan pembuatnya. Sebuah ide yang buruk tentu saja..

Setidaknya anda bisa menulis ulang deskripsi dari produk dengan kalimat yang pendek tetapi menarik untuk calon konsumen. Dan yang lebih ideal adalah anda mengambil foto produk anda sendiri. Jika anda hanya memiliki foto yang berasal dari supplier maka pastikan anda menampilkan display produk dari berbagai sudut.

Sediakan ruang untuk menampilkan review dari customer

Memberi kesempatan untuk customer anda memberi rating dan komentar akan menambah kepercayaan mereka terhadap online store anda. Review positif dan share sosial media dapat meningkatkan sales anda, meski selalu ada resiko komentar negatif tentunya. Tapi kini baik jasa pembuatan dari developer maupun penyedia jasa layanan e-commerce telah menyediakan berbagai pilihan untuk memberi respon dari komentar tersebut, mulai dari approval, menjawab, hingga menghapus komentar dari customer yang tidak diinginkan.

jika anda mengambil pilihan untuk tidak memberi ruang untuk review dan komentar maka anda bisa memberikan pilihan lain, yaitu memberikan like pada facebook untuk produk anda, atau share ke berbagai media sosial sesuai niche yang anda tuju.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit