Pengertian Propagasi

Posted by in Get Pedia .
Pengertian Propagasi

Masa propagasi nama domain adalah jeda waktu yang diperlukan sebuah nama domain untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting.

Masa propagasi ini bervariasi, bisa cepat bisa lambat. Bisa beberapa menit sudah tersambung, ada yang sampai 3 x 24 jam baru bisa tersambung secara sempurna.

Sampai propagasi selesai, domain Anda dan email tidak akan bekerja secara konsisten karena membutuhkan waktu hingga informasi nama server (DNS) yang baru, menyebar ke semua komputer di dunia.

Propagasi terjadi jika ada pengubahan nama server, atau ketika mengubah record DNS di file zona DNS.

Perubahan nama server biasanya sekitar 0-24 jam, atau bisa selama 48 jam atau lebih.

Perubahan DNS record zona (A, MX, CNAME) biasanya mengambil 0-4 jam untuk menyelesaikan masa propagasi, tetapi juga bisa selama 8 jam.

Faktor yang mempengaruhi proses propagasi, diantaranya :

  1. Umur nama domain.
    Jika kita mendaftarkan nama domain baru dan sejak awal sudah diarahkan ke NS hosting kita, maka masa propagasinya biasanya lebih cepat seperti real time, bisa langsung kita buka saat mengetikan nama domain di web browser. Tetapi jika nama domain sudah diarahkan ke server hosting, lalu diarahkan ke server hosting yang baru, misalnya ketika pindah server, maka diperlukan waktu propagasi domain yang lebih lama. Hal ini disebabkan oleh adanya cache, baik pada komputer kita maupun cache pada jaringan internet (termasuk ISP)

  2. ISP (Internet Service Provider).
    Masa propagasi juga sangat dipengaruhi oleh ISP kita. Perlu diketahui bahwa rute informasi ketika mengakses internet adalah dimulai dari adanya perintah dari komputer kita, kemudian perintah tersebut diteruskan ke ISP, kemudian dari ISP akan diteruskan ke server hosting melalui beberapa titik jaringan. Begitu juga dengan respon yang diberikan oleh server hosting juga akan melalui rute tersebut. Dengan alasan untuk mengurangi beban terkadang ISP menggunakan cache memory yang besar, sehingga ketika pelanggan mengakses internet terasa lebih cepat. Padahal data yang diakses adalah data buffer. Jika kita menggunakan ISP yang seperti ini yang biasanya masa propagasi domain menjadi lebih lama karena menunggu ISP tersebut melakukan refresh jaringan internetnya.

  3. Registrar.
    Data domain name tercatat di registrar atau server nama domain. Ketika kita melakukan pergantian NS (misalnya ketika pindah hosting) maka registrar akan mengganti data tentang alamat IP server hosting kita yang baru. Nah, ada registrar yang waktu responnya cepat, ada yang waktu responnya lambat. Domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan registrar domain name lokal atau ccTLD.

Related Posts:

ICANN

ICANN, singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba pengatur penamaan domain, lalu apakah untuk mendaftar domain harus ke lembaga tersebut?

Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

ReCAPTCHA

Apa itu ReCaptcha? Bagaimana cara kerja reCAPTCHA? yuk tambah pengetahuan kita dengan mengetahui apa itu ReCaptcha

HTML Kustom Karakter

HTML Kustom Karakter, saat ini hampir tidak membutuhkan image untuk membangun sebuah website, seperti halnya ikonik karakter yang dapat digantikan dengan kode HTML

1366 x 768 adalah resolusi layar paling populer untuk saat ini

1366 x 768 adalah resolusi layar yang paling populer atau paling banyak digunakan untuk saat ini

Membuat website sesuai selera

Selera manusia berbeda-beda, salah satu anugerah dari Tuhan yang tidak bisa dijelaskan secara pasti melalui ilmu pengetahuan yang ada saat ini

7 Alasan mengapa berbelanja online lebih menyenangkan dibanding belanja konvensional

apa yang sebenarnya melatar belakangi mewabahnya demam belanja online pada masa sekarang, kita coba akan coba bedah 7 alasan mengapa berbelanja online lebih menyenangkan dibanding belanja konvensional.

Tren Web Development di tahun 2016

Dalam beberapa tahun belakangan, dunia web development telah berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Dengan munculnya berbagai maçam teknologi baru, bahasa pemograman baru, dan script yang muncul ke permukaan. Ditambah lagi sejak lahir dan diadopsiny

Library Menarik Untuk Front End Developer

Dalam artikel berikut akan kita coba tampilkan beberapa library menarik untuk front end developer untuk tampilan yang lebih maksimal dari website yang mereka kembangkan.

Bagaimana Sebenarnya Cara Search Engine Bekerja

Search Engine atau mesin pencari selalu bergerak tanpa henti menyusuri jejaring, melintasi jutaan halaman untuk mendapatkan data yang digunakan untuk disajikan di halaman pencarian dalam hitungan mili detik. Google adalah sebuah contoh dari sebuah mesin p

Inilah Perbedaan Antara HTML dan HTML5

Tetapi apakah keunggulan atau perbedaan yang dimiliki oleh HTML5 hanyalah di sisi kemampuan memutar video belaka? apakah ada hal pembeda lainnya yang membuat HTML5 adalah format bahasa baru yang harus dianut ketimbang HTML4 (yang lebih dikenal dengan nama

Berkenalan Lebih Jauh Dengan CSS Framework

framework dapat diartikan sebagai sebuah paket yang terdiri dari struktur file dan folder berisi kode kode yang memiliki standar tersendiri (HTML, CSS, JS dsb), yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan dari sebuah website.

Bingung Mencari Icon Yang Cocok? Gunakan Saja Set Font Icon Menarik Ini

Sebenarnya masih ada banyak alternatif icon lain yang bisa kita manfaatkan dengan tujuan beragam, seperti misal bistro set icon yang mengkhususkan diri pada icon makanan. Apa saja font icon menarik ini? mari kita lihat lebih lanjut.

5 Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit