Memilih Font Yang Tepat Untuk Website Anda : Sebuah Panduan Typography

Posted by in Get Pedia, Tips & Trick .
Memilih Font Yang Tepat Untuk Website Anda : Sebuah Panduan Typography

Dalam dunia web design, pemilihan font adalah selalu menjadi hal yang tricky. Terlebih dengan perkembangan mobile internet yang kini semakin digandrungi oleh masyarakat karena faktor aksesibilitas dan personalisasi perangkat yang ditawarkannya. Pemilihan penggunaan font yang semula hanya diperdebatkan antara kenyamanan untuk pengguna desktop kini bertambah dengan membandingkannya dengan pengguna mobile.

Oleh karena itu developer, khususnya front-end developer bekerja semakin keras untuk menentukan pemilihan font yang paling sesuai dengan target audience sembari mempertahankan standar estetika tipografi. Tentunya anda tidak menginginkan tampilan dan pemilihan font yang indah, tapi ternyata tidak efektif dan malah membuat pengunjung website anda merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk memilih font yang tepat untuk website anda, karena anda harus memastikan bahwa pemilihan font anda akan disukai oleh anda dan juga pengunjung anda.

Ukuran Font dan Panjang Baris

Ingat, tujuan utama kita adalah membuat pengguna mendapat apa yang mereka inginkan. Ukuran font dan layout dari teks menjadi hal yang sangat berpengaruh, terutama untuk orang tua pada khususnya yang mengakses karena keterbatasan visual mereka. Bahkan pengguna yang sehat sekalipun terkadang merasa lelah menatap monitor terus menerus.

Untuk layar desktop, solusi optimal adalah dengan menggunakan layout 50 hingga 75 karakter per baris, dan font berukuran minimal 16 px  untuk body text. Sedangkan untuk mobile device penggunaan yang optimal adalah 30-40 karakter perbaris, karena membaca teks dilayar kecil dan brightness yang tinggi akan membuat masalah kelelahan mata semakin parah dengan teks yang berjejal dengan panjang.

Penggunaan Warna Yang Tepat

Ada dua aliran dalam penggunaan warna untuk body text, yakni pendapat semakin tinggi kontras akan semakin baik, dengan kombinasi terbaik adalah warna hitam diatas putih. Yang kedua adalah mengatakan corak keabuan adalah yang terbaik karena kontras yang terlalu tinggi akan menyakiti mata. 

Dan yang terbaik sebenarnya adalah perpaduan cerdas diantara keduanya. Banyak diantara designer yang memilih jalan tengah dengan menggunakan corak abu abu yang sangat gelap seperti #0D0D0D, #0F0F0F, or #141414, namun bukan pure black yang disebut akan mengganggu kemampuan membaca penderita disleksia. Atau anda bisa mencoba kombinasi rasio kontras yang terbaik menggunakan online contrast ratio tool untuk memudahkan eksperimen anda.

Penggunaan Font Sesuai Ekspektasi Pengguna

Seperti penggunaan warna dalam teks, ada perdebatan panjang mengenai penggunaan sans dan serif dalam body text. Tapi garis bawahnya adalah pemilihan font yang bersih dan mudah dibaca adalah faktor utama pemilihan font. Tentunya juga disesuaikan dengan tujuan memenuhi ekspektasi pengguna atas brand yang anda tampilkan. Apakah yang cocok adalah yang minimalis, atau fun itu adalah saatnya anda menentukan target audience dan bereksperimen dengan user yang nyata.

Lalu faktor kedua adalah dengan perangkat apa website anda akan sering diakses oleh pengguna. Misal anda memperkirakan pengguna website anda mayoritas menggunakan mobile device dalam mengakses, maka akan lebih baik jika memanfaatkan kontras yang jelas. Seperti penggunaan font abu abu diatas background berwarna putih merupakan warna yang lembut dan mudah dibaca pada layar desktop, tapi apa jadinya kombinasi tersebut dilayar mobile yang digunakan diluar ruangan?

Related Posts:

Memilih Jasa Website Desain Diantara Banyaknya Pilihan

Cara memilih jasa website desain diantara banyaknya pilihan yang menawarkan jasa website murah, simak disini trik dan tipsnya

Menentukan Developer Yang Tepat Untuk Pembuatan Toko Online Anda

Sebuah perusahaan atau perorangan yang inging memulai bisnis online dengan membuka online store setidaknya harus memperhatikan beberapa tips berikut untuk menentukan developer yang tepat untuk membangun online store anda.

Yang Harus Anda Lihat Dari Portfolio Web Developer

Ada baiknya anda melihat beberapa hal berikut dalam portfolio developer untuk memudahkan anda untuk mencari developer manakah yang akan anda gunakan jasanya.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit