Berkenalan Lebih Jauh Dengan CSS Framework

Posted by in Get Pedia .
Berkenalan Lebih Jauh Dengan CSS Framework

Anda yang berkutat di depan layar komputer sebagai front end developer pasti telah akrab dengan istilah CSS framework, dimana sekarang ini sepertinya sudah sangat lekat dengan maraknya penggunaan bootstrap dalam pembuatan responsive website sekarang ini. Apakah sebenarnya framework itu? framework bisa disebut adalah sebagai sebuah set yang terdiri dari konsep, pelatihan dan kriteria untuk menghadapi masalah tertentu dengan sebuah standar yang ditentukan. Dalam bahasa praktis CSS maka framework dapat diartikan sebagai sebuah paket yang terdiri dari struktur file dan folder berisi kode kode yang memiliki standar tersendiri (HTML, CSS, JS dsb), yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan dari sebuah website.

Komponen CSS frameworks

  • CSS framework pada umumnya akan memiliki komponen yang berbeda beda, tetapi pada umumnya akan memiliki komponen dasar seperti berikut didalamnya :
  • CSS source code untuk menciptakan basis grid untuk menempatkan elemen
  • Tipografi yang telah didefinisikan untuk HTML elemen

Pilihan untuk mengatasi kompatibilitas browser dalam berbagai platform dan resolusi


Jenis CSS framework yang umum digunakan

Paket CSS framework biasanya juga memiliki set tambahan seperti form,button, icon dan berbagai komponen lain. Kini ada banyak pilihan framework yang bisa anda maksimalkan dalam menjadi basis membangun responsive website seperti diantaranya yang umum digunakan adalah:

Bootstrap

Rapi, intuitif dan powerful adalah salah satu kelebihan dari Bootstrap untuk mendukung web development dengan lebih cepat dan mudah. Bootstrap dibuat di markas besar Twitter oleh @mdo dan @fat. Bootstrap memiliki kanal GitHub sendiri untuk menampung ide luar biasa dari para penggunanya.
 

Foundation 6

Salah satu framework front-end yang paling mutakhir. Merupakan preprocessor CSS yang powerful untuk anda manfaatkan dalam pembuatan responsive website, app dan email. banyak digunakan oleh raksasa teknologi seperti Adobe dan Electronic Art.
 

Skeleton

Skeleton adalah pilihan baik untuk membuat website yang responsive dan mobile-friendly. Skeleton terdiri dari koleksi kumpulan kecil dari file CSS yang akan membantu anda membuat website yang akan terlihat mengagumkan dalam relolusi apapun.
 

YAML 4

CSS framework modular yang untuk membuat responsive website yang fleksibel dan mudah diakses. Lengkap dengan dukungan HTML5 dan CSS3 akan membuat YAML menjadi alternatif menarik untuk membangun responsive website.
 

Kube

Framework elegan yang hanya mensupport modern browser. Dengan default style yang sudah menawan dan struktur yang modular, anda bisa menghilangkan bagian yang tidak anda inginkan dengan menghapus variabel yang berhubungan di baris @import dari file Kube.less.
 

Related Posts:

Membuat website sesuai selera

Selera manusia berbeda-beda, salah satu anugerah dari Tuhan yang tidak bisa dijelaskan secara pasti melalui ilmu pengetahuan yang ada saat ini

Library Menarik Untuk Front End Developer

Dalam artikel berikut akan kita coba tampilkan beberapa library menarik untuk front end developer untuk tampilan yang lebih maksimal dari website yang mereka kembangkan.

Bingung Mencari Icon Yang Cocok? Gunakan Saja Set Font Icon Menarik Ini

Sebenarnya masih ada banyak alternatif icon lain yang bisa kita manfaatkan dengan tujuan beragam, seperti misal bistro set icon yang mengkhususkan diri pada icon makanan. Apa saja font icon menarik ini? mari kita lihat lebih lanjut.

Comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Name: *
E-mail: * (Not Published)
Website: (Site url with http://)
Comment: *
Verification code: Submit